Kesehatan

Manfaat Daun Serai untuk Kesehatan Tubuh

Daftardisini.co – Bagi penduduk Indonesia, pastinya sudah tidak asing lagi dengan daun serai. Daun serai ini merupakan salah satu bumbu untuk berbagai masakan khas Indonesia.
Sebagaimana yang kita ketahui, pada bumbu masakan serai menghasilkan aroma masam seperti lemon, sehingga menambahkan cita rasa makan. Serai selain diambil manfaatnya untuk bumbu masakan, ternyata memiliki manfaat bagi tubuh kita

daun serai

Menurunkan Kolestrol
Serai memiliki sifat anti-hiperlipidemia dan anti-hiperkolesterolemia yang mendukung kadar kolesterol sehat. Studi telah menunjukkan bahwa konsumsi serai secara teratur telah menunjukkan hasil yang signifikan dalam mempertahankan tingkat trigliserida yang sehat dan mengurangi kolesterol LDL di dalam tubuh. Ini membantu mencegah akumulasi lipid di pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah yang tidak terhalang di arteri, mencegah berbagai gangguan jantung seperti aterosklerosis.

Detoksifikasi Tubuh
Serai membantu membersihkan dan membuang limbah beracun berbahaya dari tubuh, sebagai akibat dari sifat diuretiknya. Detoksifikasi membantu dalam pengaturan berbagai organ tubuh, termasuk hati dan ginjal, sekaligus membantu menurunkan kadar asam urat. Efek diuretik sereh membantu meningkatkan kuantitas dan frekuensi buang air kecil, yang membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan, menghilangkan lemak yang masih harus dibayar, dan membantu dalam menjaga sistem yang bersih.

Mencegah Kanker
Serai ini efektif dalam mengobati berbagai jenis kanker tanpa mempengaruhi sel sehat tubuh. Penelitian yang dilakukan untuk membuktikan aktivitas anti kanker dari sereh telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam pencegahan kanker kulit. Studi telah menunjukkan bahwa komponen tertentu, citral, yang hadir dalam serai, membantu menghambat pertumbuhan sel kanker hati selama fase awal dan mencegah produksi sel kanker lebih lanjut. Studi lain memberikan bukti pendukung mengenai efek anti-proliferatif citral dalam menghambat pertumbuhan sel kanker payudara manusia dan induksi apoptosis.

Anemia
Zat besi yang terkandung dalam daun serai penting untu ksintesis hemoglobin (protein dalam sel darah merah bertanggung jawab untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh). Serai dapat membantu untuk berbagai jenis anemia, terutama yang disebabkan dari kekurangan zat besi.

Insomnia
Insomnia atau sulit tidur dapat terjadi karena ketidakseimbangan zat kimia dalam tubuh ataupun gangguan saraf. Kegiatan pemurnian dan efek menenangkan dari serai membantu meningkatkan proses dan kualitas tidur.

Kesehatan pencernaan
Manfaat daun serai yang paling terkenal adalah untuk kesehatan pencernaan, ia mengatur fungsi usus dan motilitas dengan sifat anti-mikroba yang ia miliki. Zat ini membantu untuk membunuh bakteri jahat dan parasit, dan mengembalikan bakteri baik dalam usus, sehingga membantu meningkatkan masalah pencernaan seperti gangguan pencernaan, sembelit, diare, kembung usus, perut kembung, kejang perut, muntah dan kram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *