kekurangan air putih
Kesehatan

Tanda Bahwa Tubuh Kekurangan Air Putih

Daftardisini.co – Agar Anda bisa bekerja efektif, kesehatan anda harus selalu terjaga. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Kekurangan air putih dapat membuat anda Anda terserang berbagai macam penyakit yang menyebabkan kreativitas dan produktivitas berkurang.

kekurangan air putih

Berikut ini adalah tanda-tanda Anda kekurangan air putih.

1. Mulut kering

Ketika Anda merasa mulut Anda kering, tentu Anda akan segera meraih air untuk membasahinya. Tapi minuman bergula adalah solusi yang malah membahayakan. Air putih berfungsi untuk melumasi selaput lendir di mulut dan tenggorokan, yang akan terus menjaga mulut Anda basah dengan air liur.

2. Kulit kering

Kulit adalah organ tubuh terluas. Dan kulit kering adalah salah satu tanda kekurangan air putih. Kurangnya air berarti kurangnya keringat, yang menyebabkan ketidakmampuan tubuh untuk membersihkan kotoran dan minyak berlebih yang terakumulasi sepanjang hari.

3. Anda merasa sangat haus

Nah, ini sudah jelas sekali. Dengarkan tubuh Anda. Ketika Anda merasa sangat haus, segera ambil air putih dan teguklah.

4. Mata kering

Kurang air tidak hanya mempengaruhi mulut dan tenggorokan. Tanpa air dalam tubuh, saluran air mata Anda mengering. Jika Anda tidak bisa menangis, Anda harus sadar bahwa hal ini berbahaya, terutama jika Anda memakai lensa kontak.

5. Nyeri sendi

Tulang rawan dan cakram tulang belakang terdiri dari sekitar 80% air. Air menjaga agar tulang kita tidak bergesekan satu sama lain. Jika Anda kurang air, nyeri-nyeri sendi akan mulai terasa. Segeralah minum!

6. Massa otot menurun

Otot-otot Anda sebagian besar juga terdiri dari air. Jika Anda merasa massa otot berkurang, mungkin itu karena Anda kurang minum. Minumlah air sebelum, selama, dan setelah latihan karena hal ini tidak hanya membuat Anda tetap terhidrasi, tapi juga mampu mengurangi peradangan dan nyeri yang terkait dengan latihan.

7. Anda sakit lebih lama

Minum air memungkinkan tubuh Anda untuk membuang racun. Organ Anda bekerja untuk menyaring produk limbah tertentu seperti mesin. Tapi jika kekurangan air, fungsi ini tidak bisa bekerja dengan baik. Akhirnya, organ mulai menarik air dari daerah yang disimpan seperti darah Anda yang bisa menyebabkan masalah baru lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *