Kesehatan

Efek samping mengkonsumsi makanan mentah

daftardisinie.net –  Diketahui beberapa tahun belakangan ini memakan makanan mentah sedang menjadi tren untuk kalangan penggemar kuliner. Sebagian makanan memang baik dikonsumsi mentah atau setengah matang seperti sayuran dan buah-buahan. Namun tidak dengan ikan mentah atau daging mentah.Salah satu hidangan yang tidak luput dari kata mentah adalah sushi & sashimi.Sudah banyak kejadian nyata dari beberapa orang yang mengalami gangguan kesehatan karena sering mengkonsumsi ikan mentah ini.

makanan mentah

Sashimi dan Sushi merupakan menu yang menjadi favorit dari beberapa masakan khas jepang lainnya. Namun apakah ikan yang digunakan benar-benar sehat dan aman untuk dikonsumsi dalam keadaan mentah atau setengah matang? Apa yang terjadi jika ikan yang digunakan adalah ikan yang terinfeksi oleh cacing, bakteri atau parasit lainnya?.

Ikan yang digunakan untuk membuat sushi dan sashimi biasanya telah dibekukan pada suhu -20° C selama tujuh hari atau dibekukan pada -35° C selama 15 jam. Pembekuan ini bertujuan untuk membunuh parasit yang ada di ikan. Jadi, selama sushi dan sashimi disiapkan dengan benar sesuai peraturan keamanan pangan yang berlaku, risiko sushi dan sashimi untuk bisa menimbulkan penyakit mungkin sangat kecil, sehingga aman dikonsumsi. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan jika masih terdapat organisme berbahaya dalam jumlah sangat kecil dalam ikan mentah, walaupun sudah melalui proses pembekuan.

Beberapa efek mengkonsumsi makanan mentah yang mungkin saja terjadi pada tubuh kita

Banyak bakteri dan parasit

Salah satu efek makan makanan mentah seperti sushi dan sashimi yaitu bisa mengundang bakteri dan parasit masuk ke dalam tubuh. Bakteri dan parasit dapat berkembang pada daging ikan mentah yang tidak segar dapat menyebabkan keracunan.

Selain itu, jika ikan yang digunakan adalah ikan air tawar, mungkin akan mengandung toksin alami yang disebut ciguatera. Ciguatera bisa menyebabkan seseorang menderita masalah pencernaan dan saraf.

Akan timbul masalah pencernaan

Daging dan sayuran mentah ketika dikonsumsi akan cenderung sulit dicerna oleh tubuh. Hal ini disebabkan oleh daging dan sayuran memiliki selulosa dan struktur berserat lainnya, sehingga perut akan sulit mencerna.

Masalahnya, pencernaan manusia tidak sama dengan pencernaan hewan yang bisa langsung mencerna segala makanan yang masuk. Terutama serat nabati dari sayuran, bisa melemahkan sistem pecernaan. Gejalanya antara lain adalah kembung, sembelit, atau bahkan berat badan jadi bertambah.

Kehilangan nutrisi penting

Saat makan makanan mentah, tubuh bisa kehilangan beberapa nutrisi penting dari makanan tersebut. Banyak nutrisi dalam sayuran dan daging disimpan dalam serat-seratnya. Sayangnya tubuh manusia belum sepenuhnya mampu memecah serat untuk mengambil nutrisi dari makanan mentah. Disarankan, untuk memasak sumber makanan terlebih dahulu guna memecah nutrisi dan mineral dari sumber makanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *