Kesehatan

Manfaat Buah Salak Bagi Tubuh

Daftardisini.co – salak pondoh siapa yang tidak mengenal buah ini? Dalam bahasa latin, salak disebut sallaka edulis. Sedangkan di Amerika dan Eropa buah ini disebut snake fruit karena bentuk kulit yang menyerupai sisik ular.

Rasa buah salak ini sangat nikmat rasa manis bercampur masam membuat buah ini banyak digemari. Salak yang terkenal adalah salak pondoh asal yokyakarta buah salah pondoh ini sangat identik dengan rasa manisnya. Salak yang tumbuh hanya di daerah tropis memang tidak setenar apel, jeruk, pepaya, atau pisang. Karena masih banyak yang belum tahu manfaat yang terkandung pada buah salak untuk kesehatan tubuh.

Menjaga kesehatan mata.
Menurut beberapa hasil penelitian, salak mengandung betakarotin lima kali lebih banyak dari wortel, tomat, mangga dan semangka. Jadi jika Anda tidak menyukai wortel, bisa menggunakan salak sebagai buah alternatif memenuhi kebutuhan kesehatan mata.

 

Obat diare.
Saat terserang diare anda tidak perlu meminum obat-obatan kimia hanya dengan memakan buah salak dapat mengurangi dan menghentikan diare.
Saat terserang diare, perbanyaklah mengkonsumsi buah salak. Dengan begitu kandungan tanin yang terdapat pada buah salak akan membantu melawan bakteri penyebab diare dan juga akan menghentikan diare . Di dalam salak terkandung saponin, beta karoten, tanin, flavonoid dan juga kalsium. Kandungan-kandungan tersebut sangat baik untuk pencernaan tubuh.

Mencegah kangker.
Zat radikal bebas dan karsinogen adalah penyebab utama dari kanker. Kandungan antioksidan pada buah salak dapat melawan dan membersihkan kedua zat tersebut dari dalam tubuh Anda.

Siapa sangka ternyata buah salak bisa membantu mencegah penuaan dini?
Kandungan pada buah salak dapat membantu proses regenerasi kulit dan reparasi kulit. Dengan begitu maka lapisan kulit mati pada wajah akan terangkat dan dapat digantikan dengan lapisan kulit baru.

Baik untuk ibu hamil dan ibu menyusui.
Ibu yang sedang hamil perlu berbagai macam asupan gizi untuk tetap menjaga kesehatan dan tumbuh kembang sang janin.
Salak merupakan salah satu buah yang sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang sang janin karena mengandung. Bermacam-macam nutrisi yang baik untuk kesehatan janin. Kandungan kalium pada buah salak dapat membantu tumbuh kembang otak sang janin.

Ibu menyusui membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar ASI dapat keluar dengan lancar. Serta agar ASI memiliki cukup nutrisi untuk kesehatan dan tumbuh kembang si bayi.
Kandungan kalium dan pektin di pada salak sangat baik untuk mendukung kesehatan otak bayi dan akan membuat bayi lebih cerdas. Mengkonsumsi 3 buah salak setiap harinya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian saat menyusui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *