Kesehatan

5 Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu

daftardisini– Siapa yang tidak tahu khasiat yang pada madu jika di konsumsi, namun karena tingginya permintaan madu di khalangan masyarakat yang tidak di imbangi dengan peningkatan produksi madu, saat ini banyak oknum pedagang yang memanfaatkan untuk meraup keuntungan lebih banyak dengan menjual madu palsu. Sebagai konsumen kita harus jeli dalam memilih mana madu asli dan mana madu palsu .
saya ingin berbagi pengalaman dengan kalian dan memberitahu cara mudah membedakan mana madu asli mana madu palsu agar kita tidak lagi tertipu.

 

madu asli

Tes dengan Air
Perbedaan madu asli dan palsu dapat dengan mudah kita ketahui dengan melakukan tes sederhana menggunakan air. Campurkanlah satu sendok madu ke dalam segelas air kemudian aduk hingga merata. Karena merupakan koloid, madu umumnya tidak akan larut dalam air. Ia akan mengendap di dasar gelas dan terpisah dengan air meski telah diaduk sedemikian rupa. Sementara madu palsu umumnya akan tetap larut dalam air dan tidak mengendap.

Tes menggunakan Kertas
Kita juga dapat mengetahui keaslian madu yang kita beli mengunakan tes kertas. Tes ini sangat sederhana. Siapkan selembar kertas tipis, boleh kertas koran atau tisu, kemudian berikan 2-3 tetes madu ke atasnya. Kertas yang ditetesi madu asli umumnya tidak akan membasahi dan melubangi kertas karena tidak mengandung air dalam jumlah banyak serta ikatan kohesi antar partikel madu yang kuat. Sementara kertas yang ditetesi madu palsu akan dengan cepat berlubang dan basah, hal ini karena madu palsu umumnya mengandung air dalam jumlah banyak.

Tes dimasukan ke Kulkas
Dengan sederhana, perbedaan madu asli dan palsu juga bisa diketahui dengan meletakannya di dalam kulkas atau lemari pendingin. Seperti halnya putih telur, madu asli juga merupakan koloid yang tidak akan pernah membeku meski berada dalam suhu dingin. Sementara madu palsu sebaliknya, ia akan membeku jika disimpan dalam suhu rendah dalam jangka waktu yanglama.

Tes menggunakan Pasir
Mengetes keaslian madu juga bisa dilakukan menggunakan media pasir. Perbedaan madu asli dan palsu akan jelas terlihat jika sesendok madu diletakan di atas gundukan pasir. Madu asli yang sangat lengket. Gaya kohesi yang tinggi antar partikel madu memungkinkan ia tidak berubah bentuk dan meluber ke mana-mana. Sementara madu palsu mempunyai tingkat kelengketan yang rendah akan dengan mudah merembes ke dalam pasir.

Tes Warna madu
Secara umum, madu asli memiliki warna yang keruh dan pekat. Ia akan mengandung kotoran seperti sisa bekas sarang atau serbuk sari yang dikumpulkannya. Kotoran-kotoran ini tidak akan bisa hilang meski sudah disaring karena sangat lekat dengan madu. Sementara madu palsu biasanya memiliki warna yang jernih, bersih, dan menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *