Kesehatan

4 Jenis Nyamuk yang Paling Berbahaya

Daftardisini.co -Nyamuk adalah salah satu musuh besar bagi manusia. Selain karena mengganggu gigitan nyamuk juga bisa menimbulkan iritasi pada kulit gatal-gatal bahkan bisa mengakibatkan penyakit berbahaya. Dari 3000 spesies  terdapat beberapa jenis nyamuk yang sangat berbahaya bagi manusia bahkan bisa menyebabkan kematian pada manusia yang digigitnya.

 

Nyamuk

Aedes Aegypti, Nyamuk dengan warna hitam, bisa dibedakan dengan perutnya yang runcing dan dua garis putih berbentuk lyre di punggungnya (toraks dorsal), dan pita putih di kakinya.Mereka lebih sering menggigit manusia, daripada hewan, dan mereka suka menggigit dalam ruangan. Kombinasi ini membuat mereka sangat berbahaya dalam hal menyebarkan penyakit.Mereka merupakan jenis  yang tidak bisa diam. Para betina menarik darah untuk memberi makan telurnya. Mereka lebih memilih untuk meletakkan telurnya pada air bersih, juga pada selokan yang tersumbat, mangkuk air untuk hewan peliharaan, tutup botol dan bahkan saluran shower. Telur menempel pada sisi wadah dan bisa bertahan pada saat wadah mengering.

Aedes Albopictus, Nyamuk Macan AsiaSerangga ini biasanya lebih besar dan lebih hitam dari Aedes aegypti, namun mempunyai perut runcing yang sama. Garis-garis putihnya mencolok, termasuk satu garis putih di bagian tengah punggungnya.Nyamuk ini memiliki kebiasaan untuk menggigit pada bagian bawah, sehingga bisa sulit dikenali. Dan gigitan mereka hampir tidak terlihat. Mereka kemungkinan besar akan keluar siang hari. Mereka menggigit hewan peliharaan, hewan liar, serta manusia.Mereka bertelur di tanaman pot, ember, ban, kaleng, atau di mana saja terdapat genangan air.

Culex fatigans, Nyamuk rumah ini menggigit di malam hari. Menempel di mana saja, entah di baju atau menempel di dinding rumah. Nyamuk ini memiliki banyak warna, ada yang hitam, beberapa coklat. Telur betina dikelompokkan dalam satu dalam kelompok, lalu diatur dalam formasi membentuk rakit.Ia lebih sering ditemukan di air keruh atau banyak tempat yang mengandung bahan organik atau bahan makanan, seperti di selokan. Meski begitu, ia juga suka berada di air jernih. Nyamuk ini bisa menyebabkan penyakit filariasis atau kaki gajah. Penyakit ini menyebabkan cacing Wuchereria bancrofti dalam darah pasien. Jika darah pasien tergigit oleh  nyamukk yang mengandung filariasis, cacing dari pasien bisa dibawa dan ditransmisikan ke orang lain melalui gigitannya.

Anopheles Quadrimaculatus, Nyamuk ini berwarna coklat tua dan dapat dikenali dengan palpi panjang, atau organ rasa, yang panjangnya hampir sama dengan belalianya, atau mulutnya. Ini terletak pada permukaan diagonal, dengan kepala ke bawah dan perut menonjol ke udara.Betina menggigit manusia dan hewan mamalia lainnya, biasanya di malam hari. Mereka lebih suka bertelur di kolam air tawar, sungai dan danau. Hanya genus Anopheles yang membawa malaria. Di Afrika, Anopheles gambiae adalah penyebab utama malaria. Di Amerika penyebab malaria adalah Anopheles quadrimaculatus.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *