Kesehatan

Makanan Untuk Penambah Darah

daftardisinie.net – Merasa pusing memang sering terjadi dan bisa di alami siapapun, penyakit yang sering menyebabkan pusing adalah hipotensi (tekanan darah rendah / anemia) biasa di sebut kekurangan darah.
Biasanya pada penyakit yang terkait dengan darah dalam tubuh akan diikuti dengan gejala lain seperti letih, lesu, dan lemah. Cara untuk mengatasi persoalan terkait dengan pusing karena kekurangan darah adalah mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat menaikkan Homoglobin dalam darah. (penambah darah)

penambah darah

apa itu Homoglobin ? Haemoglobin, merupakan protein yang mengandung Fe (zat besi) yang terdapat pada sel darah merah (erythrocit). Sel darah merah berperanan penting sebagai pengangkut oksigen dalam tubuh. Bila sel darah merah berkurang akan terjadi kekurangan darah (anemia).

Makanan yang baik untuk penambah darah

Daging Merah (Daging sapi, kambing dan kerbau). Daging merah kaya akan protein hewani dan banyak mengandung zat besi (Fe), protein dan mineral lainya. Keberadaan zat besi akan mampu meningkatan haemoglobin dengan cepat. Konsumsi daging rendah lemak dengan menu diet yang seimbang akan diperlukan tubuh. Protein juga diperlukan untuk menyusun sel-sel darah merah. Untuk kesehatan tubuh, hindarkan konsumsi daging berlebih karena akan meningkatkan risiko cardiovaskuler.
Daging dan Hati Ayam. Protein hewani dapat menaikkan tekanan darah dan anemia, protein ini juga untuk membangun sel termasuk sel darah merah. Hati mengandung zat besi yang bermanfaat untuk penambah darah.
Telur. Telur mengandung protein, kalsium, dan vitamin serta zat besi. Saat sekarang bahkan telur sudah mengandung Omega-3. Kuning telur bermanfaat untuk penambah darah. Konsumsi telur secara teratur 2 kali sehari.
Susu. Susu mengandung protein, lemak, dan kandungan vitamin. Konsumsi susu akan memperkecil risiko terkena anemia dan kekurangan darah. Pilihan pada susu kedelai, sereal dan yoghurt akan sangat memperkaya nutrisi untk menaikkan sel-sel darah.

Ikan. Ikan mengandung asam lemak Omega-3. Pada telur ikan mengandung nutrisi protein, karbohidrat, dan zat besi. Ikan Salmon, sebagai contohnya, bermanfaat untuk menambah darah karena selain mengandung Omega-3 juga mengandung Vitamin B-12 untuk pembentukan sel-sel darah. Ikan juga termasuk makanan rendah kolesterol jahat yang dapat membahayakan tubuh.
Kerang. Kerang memiliki kandungan zat besi yang tinggi, phosphor, kalium, seng, tembaga, mangaan, dan selenium. Kerang efektif untuk penambah sel-sel darah. Hati-hati pada penderita alergi seafood.
Daun Singkong. Daun singkong mengandung gizi yang lengkap, seperti zat besi, protein, phosphor, Vitamin C, Vitamian B-1, kalsium, lemak dan karbohidrat. Ubi secara umum mengandung zat besi untuk mengaktifkan sel-sel darah merah dan menambah oksigen dalam darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *