Kesehatan

Apa Penyabab Pusing setelah makan

Daftardisini.co – Sering kali kita mengalami masalah sakit kepala ada berbagai penyebab sakit kepala salah satunya setelah mengkonsumsi makanan, Proses tubuh kita mencerna setelah konsumsi makanan, usus membutuhkan sejumlah darah dalam jumlah besar untuk memulai proses pencernaan. Ini membuat jantung memompa lebih keras dan lebih cepat untuk mengalihkan darah ke lambung dan usus.

Ketika proses ini terjadi, pembuluh darah di bagian lain dari tubuh menyempit untuk membantu menjaga tekanan darah normal. Maka terjadilah postprandial hypotension atau penurunan berlebihan pada tekanan darah yang terjadi setelah makan.

sakit kepala seteleah makan bisa jadi adalah salah satu reaksi alergi. Alergi makanan bisa memberikan dampak berbeda bagi tiap orang. Ada yang reaksinya gatal-gatal sehingga menimbulkan ruam merah pada kulit, atau bahkan bisa lebih ekstrem seperti kesulitan bernapas.

Selain tekanan darah yang rendah, alergi juga dapat menjadi salah satu penyebab pusing,kamu mungkin merasa seolah-olah ruangan berputar, tetapi sensasi tersebut akan hilang ketika kamu berbaring.

Sakit kepala setelah makan bisa jadi gejala tekanan darah tinggi (hipertensi). Perhatikan menu makanan Anda. Jika makanan yang Anda santap kadar sodiumnya sangat tinggi, tekanan darah Anda mungkin jadi meningkat. Sodium yang biasanya banyak didapatkan dari garam diatur oleh ginjal. Kalau dalam tubuh Anda sodiumnya terlalu tinggi, tubuh akan mengalirkan air lebih banyak ke dalam darah. Akibatnya, volume darah pun meningkat sehingga tekanan darah juga ikut melonjak naik. Hal ini bisa menyebabkan rasa sakit kepala setelah makan.

Bila Anda memang punya penyakit hipertensi, sebaiknya batasi jumlah sodium atau garam yang Anda konsumsi sehari-hari. Selain itu, konsultasikan langsung dengan dokter untuk menangani kondisi ini.

Perhatikan jenis sakit kepala yang muncul sesudah Anda makan. Jika sakitnya muncul pada salah satu sisi kepala dan terasa berdenyut tajam, Anda mungkin mengalami migrain. Migrain bisa dipicu oleh jenis-jenis makanan dan minuman tertentu. Pemicu migrain yang paling umum adalah tiramin, yaitu zat yang terdapat pada yogurt, keju, dan krim asam. Selain itu, makanan seperti ati ayam, kecap, daging yang sudah diawetkan, dan jeruk juga bisa jadi penyebab migrain Anda kumat.

Selain sakit kepala, Anda mungkin akan mengalami gejala lain seperti mual, muntah, peka terhadap cahaya, dan perasaan seperti ingin pingsan. Cara terbaik untuk mencegah migrain adalah menghindari makanan pemicunya.

Kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh dapat berfluktuasi, dan perubahan ini menyebabkan banyak gejala, termasuk pusing. Konsumsi makanan yang kaya fitoestrogen seperti kacang kedelai, kacang polong, dan biji rami untuk membantu menyeimbangkan kadar hormon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *